All for Joomla All for Webmasters

Desain Rumah di Wilayah Rawan Gempa

Desain Rumah di Wilayah Rawan Gempa

Menurut Dwikorita Karnawati Selaku Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah Indonesia memang rawan akan gempa karena Indonesia berada di zona lempeng dan zona tektonik.

Banyaknya gunung aktif serta bentuknya yang berupa negara kepulauan adalah sebagian faktor yang mempengaruhi seringnya terjadi bencana di Indonesia. Namun selain semua itu, Faktor utama terjadi banyak sekali gempa-gempa lain di Indonesia pada setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan posisi Indonesia yang dikepung oleh tiga lempeng tektonik dunia yakni Lempeng Indo-Australian, Eurasia dan Lempeng Pasific yang apabila bertemu dapat menghasilkan tumpukan energi yang memiliki ambang batas tertentu. Selain itu, Indonesia juga berada pada Pasific Ring Of Fire yang merupakan jalur rangkaian gunung api aktif di dunia yang setiap saat dapat meletus dan mengakibatkan datangnya bencana.

Daerah rawan gempa meliputi ; Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Yogjakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Maluku, Manado, Papua Selebih nya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Berikut Peta Rawan Gempa :

Mungkin Desain Rumah di wilayah rawan Gempa harus mempertimbangkan dari segi ketahanannya terhadap bencana alam khusus nya gempa sesuai dengan Undang-undang Bangunan Gedung No. 28/2002. Kunci bangunan tahan gempa ada pada konstruksi yang kokoh dan memakai bahan-bahan bangunan ringan, Pondasi, Kolom, dan kuda-kuda atap harus di bangun dengan konstruksi yang kuat.

Atap,plafon dan dinding sebaiknya memakai bahan-bahan yang ringan dan elastis sehingga saat berayun tenaga nya tersalurkan sempurna. Rumah dengan bentuk Dome seperti rumah Teletubbies mungkin bisa dijadikan ide Desain Rumah di Wilayah Rawan Gempa, Selain itu juga pada pemilihan material bangunan yang ringan merekomendasikan menggunakan Plafon PVC pada plafon nya selain ringan bahan ini mampu dibuat melengkung dan bagian atap menggunakan Genteng PVC ( Roofing PVC ) kedua material ini dapat meminimalisir jika sewaktu-waktu jatuh mengenai Penghuni nya, selain itu nilai estetika bangunan rumah anda akan tetap indah di pandang.

Bangunan tahan gempa harus mengikuti standar dalam membangun, mulai dari komposisi campuran Semen, mendirikan kolom. Dan lain-lain semua harus berdasarkan standar, Semua komponen harus terikat erat satu dengan yang lain nya, baik komponen struktural maupun komponen non-struktural. Saat perancangan pembangunan, yang penting perlu dipertimbangkan adalah ketahanan bangunan terhadap gempa. Pastikan kontraktor yang membangun rumah kita mengikuti standar pemerintah,dikarenakan wilayah Indonesia termasuk rawan bencana khusus nya gempa.

Untuk wilayah Jakarta, plafon PVC Shunda bisa didapat di dealer resmi Shunda Plafon PIK , Ruko Elang Laut Boulevard Blok M2 / 17, Jl. Pantai Indah Selatan 1, Jakarta, atau bisa di lihat informasinya di www.shundapik.com atau bisa hubungi WA/Telp 0896 5571 2333.